Minyak peppermint adalah salah satu Essensial Oil atau minyak atsiri terkenal yang diperoleh dari spesies tanaman asli Eropa. Sama seperti teh, peppermint yang sudah ada sejak berabad-abad lalu, penggunaan minyak atsiri peppermint juga dimulai berabad-abad yang lalu. Saat ini, minyak tersebut digunakan untuk menyiapkan sejumlah solusi kesehatan dan produk kosmetik.

Minyak yang diperoleh dari tanaman peppermint memiliki banyak kualitas. Selain sebagai anti-spasmodik, minyak ini juga bersifat analgesik. Minyak diperoleh dari batang, bunga dan daun tanaman peppermint. Juga dikenal karena aroma dan efek menenangkannya, berdasarkan semua sifat ini, berikut adalah beberapa penggunaan minyak atsiri yang paling populer.

ESENSI ALAM SURABAYA

Independent Distributor Young Living Essensial Oil 
Jalan Bandarejo IV gang saudara No. 41 Surabaya
Hp : 0822.6262.7474
WhatsApp : 0822.6262.7474
Email : esensialam@gmail.com

 

 

 

Manfaat dan Kegunaan Peppermint Essensial Oil Young Living

kandungan dan manfaat peppermint essential oil atau minyak astiri

Sebagai Penghilang Stres

Seperti banyak minyak essential lainnya, minyak peppermint juga digunakan sebagai penghilang stres. Depresi dan kecemasan adalah kondisi mental abnormal lainnya yang dapat diatasi dengan penggunaan minyak ini. Menerapkan beberapa tetes minyak pada dahi setelah menghabiskan hari yang sibuk dapat mencegah kelelahan mental. Bantuan dari masalah terkait erat lainnya seperti sakit kepala dan mual juga dapat diperoleh dengan bantuan minyak essential ini. Minyak juga digunakan secara topikal untuk mengobati stres. Pada akhir hari yang sangat melelahkan, panjang dan melelahkan, manjakan diri Anda dengan berendam di bathtub atau mandi setelah menerapkan beberapa tetes minyak peppermint ke tubuh Anda. Hasil yang berenergi disebabkan oleh sifat menyegarkan dari minyak.

Untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan

Masalah kesehatan umum yang dapat diatasi dengan minyak peppermint adalah gangguan pencernaan. Beberapa tetes minyak yang ditambahkan ke air harus diberikan kepada pasien yang menderita gangguan pencernaan dan sakit perut. Minyak bersifat karminatif dan dapat digunakan untuk menghilangkan masalah gas. Lebih jauh, orang yang menderita masalah mulas biasa juga bisa merasa lega dengan penggunaan minyak ini.

Irritable bowel syndrome adalah kondisi kesehatan yang membuat frustasi karena tidak ada pilihan perawatan khusus yang ditemukan. Dalam studi baru-baru ini, minyak peppermint telah menunjukkan tanda-tanda yang menguntungkan dalam mengobati masalah kesehatan ini. Ini adalah properti dari minyak ini untuk mengendurkan otot yang berkontribusi terhadap kemanjuran pengobatan untuk sindrom iritasi usus.

Kesehatan Kulit dan Rambut

Minyak peppermint telah menjadi bagian dari banyak produk kosmetik seperti krim kulit dan obat perawatan kulit lainnya. Ini karena minyak diketahui memiliki efek menenangkan pada kulit. Sensasi dingin yang dihasilkan minyak ini secara instan dapat membantu mengendurkan jaringan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah. Banyak krim olahraga juga mengandung minyak ini karena membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh cedera olahraga. Selain itu, efek pendinginan dari minyak mendorong orang untuk melakukan pijatan rambut dengannya. Minyak ini juga berguna dalam perawatan ketombe dan meningkatkan kesehatan rambut.

Menghilangkan Ketombe

Karena minyak peppermint bersifat antiseptik, ketika dipijat pada kulit kepala, membantu menghilangkan ketombe dan kutu rambut selain efek menenangkan, mendinginkan, dan kesemutan yang biasa.

Menyegarkan Sakit Kepala

Untuk bantuan menyegarkan dari sakit kepala dan sakit kepala migrain, hirup aroma pedas dengan beberapa tetes minyak yang ditaburkan ke saputangan atau oleskan pada pergelangan tangan Anda.

Menjernihkan Kulit

Ketika dioleskan secara teratur ke wajah Anda, minyak peppermint akan mencegah jerawat membuat kulit menjadi jernih, bebas noda, dan sehat.

Menyegarkan Dada

Untuk meredakan rasa sakit kepala karena hidung tersumbat karena pilek, cukup oleskan minyak peppermint yang menenangkan di dada atau tambahkan beberapa tetes ke vaporizer dan bernapas dengan mudah lagi.

Menghilangkan Bau Mulut

Anda dapat menghilangkan sakit gigi dan bau mulut saat menambahkan beberapa tetes minyak ke dalam pasta gigi Anda, atau campur dengan air dan gunakan sebagai obat kumur. Penggunaan minyak peppermint sebagai obat kumur juga diketahui bermanfaat untuk pengobatan penyakit gusi.

Membersihkan Saluran Pernafasan

Sifat mentol akan membantu membersihkan saluran pernapasan. Bertindak sebagai ekspektoran itu memberikan bantuan selama serangan batuk dan pilek, bersama dengan asma yang lebih serius, bronkitis, pneumonia, sinusitis, dan TBC. Minyak essential Peppermint juga telah digunakan untuk vertigo dan pingsan.

Meredakan Kejang Usus

Buat sedikit ramuan setelah makan malam dan gunakan untuk gangguan pencernaan dengan menambahkan beberapa tetes dalam segelas air hangat dan minum setelah makan. Minyak peppermint membantu meredakan kejang usus, menghilangkan gas, kolera, sindrom iritasi usus, kolik, mual di pagi hari, diare dan mual. Serta menjadi penangkal terbaik di sekitar untuk sakit perut.

Meredakan Nyeri Haid

Khasiat sejuk yang menenangkan dari manfaat minyak atsiri peppermint dengan menghilangkan nyeri otot. Itu juga telah digunakan untuk mengobati rematik, sakit kaki, nyeri haid, dan neuralgia. Cukup campur dengan minyak pembawa dan gosokkan pada bagian yang sakit itu.

Mengatasi Masalah Kulit

Banyak masalah kulit seperti peradangan, gatal, kudis, dermatitis, kurap, dan bahkan sengatan matahari dapat dibantu dengan perawatan minyak yang mudah juga.

sumber:peppermintoiluses.org

Mengatasi Infeksi saluran kemih

Sejak zaman dahulu ramuan ini dapat digunakan untuk mendapatkan bantuan dari berbagai masalah kulit terkait dan salah satunya adalah infeksi saluran kemih. Karena sifat antibakterinya, minyak ini akan membantu Anda mendapatkan bantuan dari infeksi ini, yang dapat membahayakan tubuh Anda.

Meredakan Nyeri Otot

Minyak ini hanya untuk pemakaian luar dan benar-benar membantu menghilangkan rasa sakit otot dan tubuh. Jadi, jika Anda menderita sakit kepala yang buruk, nyeri otot, atau bahkan karena nyeri haid, maka minyak ini adalah solusi yang tepat untuk Anda.

Penggunaan lainnya

Minyak peppermint juga digunakan sebagai bahan di banyak merek pasta gigi dan obat kumur. Ini adalah obat yang berguna untuk mencegah bau mulut dan sakit gigi. Kualitas antiseptik minyak membantu gigi melawan kuman selama berjam-jam. Gosok dada membentuk kategori lain dari produk yang menggunakan minyak ini sebagai bahan. Ini karena minyak dapat membantu meredakan kemacetan dari saluran pernapasan untuk mengobati kondisi seperti pilek dan batuk. Sifat analgesik dari minyak membuatnya menjadi obat penghilang rasa sakit yang baik dalam berbagai kondisi.

Untuk mengekstrak berbagai manfaat dari minyak peppermint, penting untuk menggunakannya dalam jumlah yang tepat. Minyak ini juga dapat digunakan dalam kombinasi dengan minyak essential lainnya untuk menawarkan lebih banyak keuntungan.

kandungan dan manfaat peppermint essential oil atau minyak astiri

kandungan dan manfaat peppermint essential oil atau minyak astiri

Resep Umum Penggunaan essential oil / minyak astiri Peppermint

Essential oil / minyak astiri peppermint digunakan dalam aromaterapi dan dapat digunakan dalam diffuser, mandi uap, dan panci kecil.

Ini juga dapat digunakan untuk:

  1. Bantuan gigi
  2. Penyegar nafas
  3. Pereda sakit
  4. Meringankan sakit kepala
  5. Pembersihan Luka
  6. Mensterilkan peralatan medis
  7. Kejang perut dan usus
  8. Mual
  9. Muntah
  10. Diare
  11. Bantuan pencernaan
  12. Menstruasi yang menyakitkan

Peppermint memiliki sifat dekongestan, dapat membantu membuka saluran hidung tersumbat dan saluran udara bronkial, meningkatkan kewaspadaan, dan memberi energi. Dapat dicampur dengan essential oil / minyak astiri dan lotion lain dan digunakan dalam terapi pijat.

Sakit Kepala

  • 1 tetes essential oil / minyak astiri peppermint
  • 5 tetes essential oil / minyak astiri lavender

Cara Pakai

1 sendok makan essential oil / minyak astiri pembawa (essential oil / minyak astiri almond cukup populer)
Campurkan bahan-bahan dan pijat ke bagian leher dan bahu. Ini juga bisa dipijat di sekitar area candi dan dipijat ke garis rambut. Hindari masuk ke mata.

Kebersihan mulut

essential oil / minyak astiri atsiri peppermint dapat membantu mengatasi bau mulut dengan menambahkannya ke pencuci mulut dan radang gusi. Selain itu, dengan menambahkan setetes essential oil / minyak astiri peppermint ke baking soda dapat digunakan untuk menyikat gigi sambil memutihkan senyum Anda.

essential oil / minyak astiri peppermint dapat ditambahkan ke krim atau lotion untuk meredakan iritasi dan gangguan kulit, mengurangi peradangan, dan menenangkan kulit yang bermasalah.

Meredakan Sakit Perut

  • 4 tetes essential oil / minyak astiri peppermint
  • 2 tetes essential oil / minyak astiri cengkeh

Cara Pakai: Campur bahan-bahan dan gosokkan di bagian perut untuk membantu meredakan sakit perut Anda.

Efek Samping dari essential oil / minyak astiri essential Peppermint.

Essential oil / minyak astiri peppermint tidak dianggap beracun. Diperlukan pengenceran yang tepat karena konsentrasi mentol yang tinggi. essential oil / minyak astiri peppermint dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan selaput lendir, sehingga harus dijauhkan dari mata.

Wanita hamil dan anak-anak harus menghindari penggunaan essential oil / minyak astiri peppermint.

Obat alami dan pengobatan rumahan berasal dari buah-buahan dan sayuran, rempah-rempah, suplemen, vitamin dan mineral, essential oil / minyak astiri atsiri, jus dan teh dan lebih banyak lagi barang yang ditemukan di alam.

Lihat Juga Essential Oil yang Aman untuk Bayi dan Anak 

Lihat Juga : Paket Premium Starter Kit Young Living Oil

kandungan dan manfaat peppermint essential oil atau minyak astiri

ESENSI ALAM SURABAYA

Independent Distributor Young Living Essensial Oil 
Jalan Bandarejo IV gang saudara No. 41 Surabaya
Hp : 0822.6262.7474
WhatsApp : 0822.6262.7474
Email : esensialam@gmail.com

 

 

 

Leave a reply "20 Manfaat dan Kegunaan Peppermint Essensial Oil"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*